The Fed Akan Naikkan Suku Bunga, Apa Dampaknya Bagi Perbankan?

SURABAYA, KOMPAS.com – Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve akan menyelesaikan pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada Rabu (15/3/2017) atau Kamis (16/3/2017) waktu Indonesia. Dalam pertemuan itu, The Fed akan mengumumkan kebijakan suku bunga acuannya.

Pasar sudah memastikan kenaikan Fed Fund Rate (FFR), dengan probabilitas mencapai 100 persen. Kalau benar suku bunga AS akan naik, apa dampaknya bagi perbankan di Tanah Air?

Direktur Investasi PT Sucor Asset Management Jemmy Paul Wawointana menjelaskan, apabila The Fed menaikkan suku bunga acuannya, maka akan ada dampak tekanan bagi Indonesia. Tekanan akan dialami pula oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“Harusnya ini akan mempengaruhi BI (Bank Indonesia) untuk menaikkan suku bunga,” kata Jemmy di Spazio Surabaya, Rabu (15/3/2017).

Apabila BI mengambil respon atas kenaikan FFR dengan menaikkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate, maka dampaknya perbankan akan terasa, khususnya dalam hal pertumbuhan kredit.

“Kalau cost of fund (biaya dana) baik, itu akan membuat orang yang mau meminjam jadi berkurang dan kualitas lending (pinjaman atau kredit) juga jadi berkurang,” tutur Jemmy.

Namun demikian, meski masih dilanda risiko, Jemmy menyatakan pihaknya memandang ada beberapa emiten perbankan yang masih menarik.

Emiten-emiten tersebut antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). Apa yang membuat emiten perbankan tersebut menarik?

Ia menjelaskan, BNI mencatatkan kinerja keuangan yang cukup baik dan CIMB Niaga meski tidak mencatat pertumbuhan kredit yang cemerlang, namun secara umum kinerja pendapatannya baik.

“BTN itu kita tahu ada growth yang sangat besar, terkait program satu juta rumah dan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), itu kualitas kreditnya lumayan,” ungkap Jemmy.

 

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/03/15/193000626/the.fed.akan.naikkan.suku.bunga.apa.dampaknya.bagi.perbankan.

Leave a Reply